Soal Host Kuliner Favorit di YouTube

Tulisan ini enggak terlalu penting untuk banyak orang sebenarnya. Tapi saya tetap ingin berbagi.
Here’s what I do in my spare time:
– Checking social media,
– Watching movies and tv series,
– Reading a book, and
– Drooling over food videos
Soal yang terakhir, saya mencari sumbernya di YouTube. Di sana, ada banyak video tentang makanan. Mulai dari tips masak, reality show masak, video khusus membahas makanan (dari street-food hingga fine dining), sampai video orang makan (mukbang). Yep, video yang cuma menampilkan orang makan saja banyak yang nonton.

Karena luasnya bentuk video kuliner di YouTube, kali ini saya ingin membahas hanya soal beberapa food fanatics di YouTube yang selalu saya tonton videonya.

So, berikut adalah beberapa video channel kuliner di YouTube yang paling sering saya tonton:

1). Gordon Ramsay
giphy

Siapa yang tidak kenal celebrity chef ini. Jika ditotal, seluruh restoran yang dikelolanya sudah memiliki 16 Michelin star. Bukti bahwa dia bukan hanya sekadar celebrity chef yang tenar depan kamera, tapi memang seseorang yang ahli memasak.

Saya senang menonton video makanan Gordon Ramsay. Selain aksi dan skill-nya dalam memasak yang memang memukau, dia juga menghibur. Chef asal Skotlandia ini juga dikenal sering berkata kasar dan galak. Walau begitu, dia tetap profesional.

What I like: When he yells and swears. Awfully hilarious.


2). Jamie Oliver
giphy-downsized-large

“Menyenangkan” adalah kata yang bisa menggambarkan seorang Jamie Oliver. Dia bisa memasak sambil menjelaskan resep dengan cara yang unik dan enak untuk diikuti.

Saya juga senang Jamie Oliver karena ia banyak membuat resep yang sederhana, masakan rumahan, dan juga sehat. Bagaimana tidak, Jamie Sendiri merupakan salah satu chef yang vokal mempromosikan makanan sehat untuk semua orang, terutama anak-anak.

What I like: His unorthodox cooking tips make you wonder, “why the hell I haven’t think that?”


3). Mark Wiens
giphy (1)

Mark Wiens adalah travel vlogger dari Thailand. Ia sering melakukan traveling ke beberapa negara untuk makan dan membahas tiap makanan di videonya.

Saya senang menonton video dari Mark Wiens karena begitu luasnya jenis makanan yang ditampilkan di videonya. Mulai dari masakan Thailand, India, Filipina, Portugal, Ethiopia, sampai Indonesia dibahas di banyak videonya.

Mark Wiens dan istrinya sungguh bikin saya iri. Traveling and eating local specialities, that’s my dream.

What I like: Ketika Mark memakan sesuatu dan kepalanya miring 45 derajat ke kanan sambil merem. Berarti makanan itu enak banget.


4). Trevor James
giphy (7)

Trevor adalah orang Kanada yang sedang menetap di China. Dari beberapa videonya, tampaknya dia sedang belajar mengenai kuliner di sana. Tidak heran, dia fasih menggunakan berbahasa China.

Sama Seperti Mark Wiens, Trevor juga melakukan traveling untuk wisata kuliner. Masakan India, Malaysia, Thailand, dan China sering dibahas di YouTube channel-nya. Jika Mark Wiens sering kali membahas satu makanan di satu videonya, Trevor bisa membahas banyak makanan di dalam satu video. Dan Trevor, lebih sering membahas street food di berbagai tempat yang ia kunjungi.

What I like: Ketika dia menyapa pedagang dan pembeli lain dengan ramah. Mengajak ngobrol, bertanya tentang makanannya.


5). Adam Richman
giphy-downsized-large (1)

Saya mengenal Adam Richman di acara Man vs. Food. Tubuhnya gempal, cocok untuk seorang tukang makan seperti dia. Di acara tersebut, terlihat jelas bahwa dia adalah seorang food fanatics.

Yang saya suka dari dia adalah, dia sering mengeluarkan jokes yang segar, supel, dan pengetahuannya tentang makanan western sangat dalam. IMO, dia juga host video kuliner paling asik untuk ditonton.

What I like: Ketika dia makan dengan sangat menikmatinya. Bikin ngiler. Dan tentunya ketika ia melakukan challenge.

6). Bondan Winarno
giphy (8)

Dari Indonesia sendiri, saya senang nonton video kuliner yang dibawakan oleh Bondan Winarno. Terutama saat dia membawakan acara Wisata Kuliner. Pengetahuannya sungguh luas soal makanan, mancanegara maupun lokal.

Memang, Bondan sedikit kaku ketika membawakan acara. Tapi, melihat ia menjelaskan rasa, terbukti bisa membuat saya (mungkin juga penonton lainnya) ngiler. Acara wisata kuliner sendiri sudah lama berhenti, tapi beberapa videonya masih bisa ditonton di YouTube.

What I Like: Ketika ia bilang maknyus untuk makanan yang luar biasa enak.


7). Jiro
giphy (9)

Pertama kali sushi mulai ramai di Bandung, saya selalu sangsi untuk mencoba. Ikan mentah di atas nasi kepal harganya mahal. Boring. Nope.

Sampai akhirnya saya menonton Jiro’s Dream of Sushi. Sebuah dokumenter tentang seorang sushi master di Jepang, yang sepanjang hidupnya mengabdi untuk memberikan sushi terbaik.

Dari sanalah saya banyak belajar tentang sushi. Mulai mencobanya, belajar cara makannya, mengetahui beragam variasinya.

Sekarang, jika ada orang yang bertanya apa makanan favorit saya, saya akan jawab sushi. Ini karena Jiro. Dia tidak punya channel YouTube. Film tentang dia pun hanya satu, tapi saya menontonnya berulang kali di sana.

What I love: ketika ia mempelajari pengunjungnya saat menyajikan omakase.
***

Bicara soal host kuliner di YouTube, mungkin cocok-cocokan. Yang pasti, orang-orang di atas merupakan mereka yang saya nikmati videonya. Tentunya kalian juga punya host favorit lain.

Kalau kalian, siapa host kuliner yang sering kalian tonton?
Leave a Reply

